PENGABDIAN DI BATAS NEGERI

PENGABDIAN DI BATAS NEGERI


Entikong, Kalimantan Barat. Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Dispsiad) melalui Lembaga Pemeliharaan Psikologi (Laharpsi), dengan Ketua Tim Mayor Caj (K) Rosarina, S.Psi.,M.Si.,Psikolog, dkk 4 orang anggota, melaksanakan rangkaian kegiatan Dalwas dan Monitoring kondisi psikologi/moril pasukan penjaga perbatasan RI oleh Satgas Pamtas, yang telah bertugas selama 7 bulan di daerah operasi perbatasan RI-Malaysia wilayah Kalimantan Barat.

Adapun berbagai dinamika, pressure (tekanan), serta faktor lingkungan penugasan akan dapat mempengaruhi kondisi psikologi para prajurit. Untuk itu senantiasa dibutuhkan kondisi psikologi yang tetap terjaga dengan baik, sehingga akan mampu menampilkan performa tugas yang optimal.



Kegiatan yang dilaksanakan berupa asesmen psikologi, FGD, konseling psikologi, dan simulasi yang ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan moril serta soliditas pasukan.


Secara umum prajurit Satgas Pamtas yang sedang bertugas memiliki kondisi psikologi dan moril yang baik, sehingga hal ini berdampak pada keterikatan yang tinggi terhadap pelaksanaan tugas para prajurit, dengan indikator tampilan dimensi psikologi yang tinggi pada aspek semangat (vigour), dedikasi (dedication), dan keseriusan dalam bertugas (absorption).

UPAKRIYA LABDHA PRAYOJANA BALOTTAMA
(Mengabdi untuk membentuk Prajurit yang berdaya guna dan berhasil guna)